Tips memilih gitar akustik yang benar


Banyak orang yang tak tahu harus bagaimana memilih gitar saat mau membeli gitar, sehingga tidak jarang dari mereka yang tertipu hanya karena melihat merek, ternyata gitar yang dibeli tidak berkualitas seperti yang diharapkan. Begitu canggihnya orang sekarang hingga barang yang ditiru hampir mirip dengan barang aslinya. Untuk memilih gitar akustik saat membeli di toko ada beberapa cara yang harus dilaksanakan agar anda nantinya tidak kecewa setelah sampai di rumah.
Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan saat membeli gitar akustik:
1. Tentukan dulu bentuk/ model seperti apa gitar yang ingin anda beli.
2. Tentukan specs yang anda butuhkan.
3. Pelajari lewat informasi manapun tentang spareparts yang anda kahendaki dari bentuk maupun keasliannya, misal lewat internet.
4. Saat di toko, setelah memilih gitar, tabuh body gitar dengan telapak tangan, jika ada bunyi seperti suara retak, segera kembalikan dan pilih gitar yang lain karena itu menunjukkan lem pada body gitar ada yang kurang melekat dengan baik, atau memang sudah terlepas.
5. Periksa sambungan antara body dan neck atar tangkai gitar, jangan ambil jika terlihat ada retakan meskipun tampak sangat kecil, itu akan mempengaruhi saat senar gitar di stem, makin lama senar akan makin tinggi, bahkan tangkai bisa lepas dari bodynya.
6. Untuk melihat bagian dalam body,gunakan cermin kecil dan senter, atau setidaknya dengan cermin saja. Usahakan anda pilih yang paling sedikit lem yang tercecer di dalam, karena hal itu akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Kalau bisa yang bersih dari ceceran lem. Pilih yang pengerjaannya halus, karena itu juga berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan.
7. Pada tuning, pilih tuning, coba putar semuanya, apakah ada yang terasa sangat sulit di putar atau tidak, jika ada sebaiknya pilih yang lain, karena itu menunjukkan tuning kurang baik, dan kemungkinan akan cepat rusak.
8. Cara menentukan fingerboard bahan asli atau tidak, perhatikan benar benar seratnya. Saat ini banyak yang menjual gitar denga fingerboard mahogany tapi dibilang rosewood dengan mengecat seolah-olah rosewood.
demikian tips memilih gitar akustik, semoga bermanfaat.